Hasil Goodreads Reading Challenge 2016

46 buku, 10.221 halaman

Janji awal tahun lalu, ingin konsisten membaca satu buku dalam seminggu. Tapi apa boleh buat, tidak semua hal bisa kita dapatkan, salah satunya ya waktu untuk membaca. Meski berhasil tidak memasukkan komik ke dalam daftar buku yang dibaca tahun 2016, tapi jumlah buku yang dibaca menurun. Saya hanya mampu membaca 46 buku saja tahun lalu. Total halaman yang dibaca pun mau tak mau ikut meluncur dari kisaran 12,000 hingga hanya 10,221 halaman.

Mari kita pecah daftar 46 buku tersebut.

5 buku terjemahan (4 novel dan 1 biografi)

11 buku impor (7 novel, 3 buku puisi, dan 1 novel grafis)

30 buku lokal (16 novel, 8 buku puisi, 4 kumcer, dan 2 biografi)

Salah satu target saya di tahun 2016 adalah lebih banyak membaca buku terjemahan, nyatanya justru makin sedikit. Yang menyenangkan di tahun 2016 adalah banyaknya buku puisi lokal yang terbit -terima kasih AADC?2- semoga tahun ini pun demikian.

Dan tahun ini saya berkenalan dengan iJak dan Bookmate, perpustakaan digital yang memudahkan pembaca untuk mendapatkan akses pada buku yang ingin dibacanya.

iJak merupakan hasil kerja sama Pemprov DKI dengan beberapa penerbit lokal, memang belum banyak tetapi sudah cukup banyak judul yang dapat kita “pinjam”, semoga ke depannya akan dapat bekerja sama dengan seluruh penerbit lokal. Aplikasi ini gratis, dapat diunduh pada sistem operasi iOS, Android, dan WinPhone, tapi tidak dapat diakses melalui PC. Peminjaman setiap judul buku memakai sistem antre dan hanya dapat dipinjam kurang lebih 2-3 hari, jika belum selesai maka pengguna diharuskan untuk antre lagi. Tidak masalah bagi yang terbiasa membaca cepat.

Bookmate merupakan tempat peminjaman bagi yang ingin membaca buku impor, meski buku lokal pun sudah ada (terbatas judul dan penerbitnya). Aplikasi ini pun dapat diunduh pada iOS, Android, dan WinPhone, plus bisa diakses melalui PC. Menarik, ya? Tapi aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis, ada beberapa buku yang masuk dalam kategori Premium dan hanya bisa diakses oleh pengguna yang berlangganan. Tapi karena aplikasi ini dapat diakses dari beberapa perangkat sekaligus, pengguna bisa saja mengajak teman lain untuk patungan, biaya berlangganannya sekitar IDR 59,900-79,000 tergantung operator telepon yang digunakan karena akan diambil langsung dari pulsa.

Bagi pembaca ebook, kedua aplikasi di atas tentu saja menguntungkan. Saya sendiri lebih menyukai buku fisik, tapi memang terkadang tidak memungkinkan untuk membaca dengan buku fisik saat sedang berdiri di kereta. Dari 46 buku yang saya baca tahun 2016, 8 di antaranya saya baca melalui iJak dan Bookmate. Masih ada beberapa aplikasi lain yang sejenis, tapi saya belum pernah mencobanya.

Omong-omong soal rangkuman, ini dia buku favorit saya tahun ini:

Monsoon Tiger and Other Stories – Rain Chudori (Kumcer)

Holy Mother – Akiyoshi Rikako (Thriller)

A Untuk Amanda – Annisa Ihsani (Young Adult)

The Seven Good Years – Etgar Keret (Biografi)

In Short – Rachel Hadeli Lie (Puisi)

Tahun ini sepertinya tidak lagi memasang satu buku per minggu, cukup berusaha untuk dapat membaca 36 buku saja dulu. Nanti sekiranya mampu, akan dinaikkan lagi deh.

Selamat membaca, teman-teman!

capture2

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s