Akhir tahun 2016, punya cita-cita supaya pada tahun berikutnya bisa lebih banyak menulis di sini. Tapi tak terasa, 2017 lewat begitu saja dan saya hanya punya dua tulisan, pun salah satunya adalah rangkuman dari Goodreads Challenge 2017.

Padahal banyak sekali yang ingin dituliskan, tapi ya seperti biasa, ada saja halangannya. Tahun lalu banyak kehilangan teman satu tim di kantor, akibatnya ya jadi tanggung kerjaan sisa mereka. Cari pengganti mereka itu luar biasa sulitnya, mungkin karena jenis pekerjaan yang melelahkan, bahkan fresh graduate saja belum tentu mau. xD

Singkat cerita, kepergian tiga teman satu tim dalam waktu bersamaan memang cukup bikin banyak hal di kantor jadi tidak stabil. Salah satu cara untuk meminimalisir ketidakstabilan tersebut ya dengan bekerja bukan main kerasnya, lebih dari sebelumnya, dan pergi langsung ke pabrik untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan banyak persoalan internal.

Selama ini saya termasuk sangat jarang pergi ke pabrik, selain jauh –kantor di Pluit, Jakarta sementara pabrik di Bawen, Semarang dan Wonogiri, Solo– jadi tidak mungkin ditempuh pulang-pergi tiap kali akan ke sana, setiap kali saya ke pabrik pasti paperwork di kantor Jakarta mau tidak mau terbengkalai. Artinya, lagi-lagi, butuh kerja lebih keras dari biasanya.

Setengah tahun terakhir, saya menghabiskan waktu sepertiganya di Wonogiri, seperempatnya habis untuk perjalanan, lalu sisanya untuk membereskan sisa-sisa pekerjaan yang terlantar. Hanya bisa membaca buku saat perjalanan, itupun hanya saat saya tidak lebih memilih untuk tidur. Lalu tak terasa, tiba-tiba saya sudah memasuki tahun 2018.

Sekarang sudah lebih lega rasanya, yang berantakan sudah bisa lumayan tertib. Teman satu tim sudah berjumlah komplet lagi, jadi sudah bisa berfungsi sesuai porsinya masing-masing. Semoga tidak ada lagi yang seperti kemarin, karena rasanya tidak keruan melebihi sakit hati akibat putus cinta.

 

Lama Tak Menulis

2 thoughts on “Lama Tak Menulis

What do you think?